HARI BUKU SEDUNIA..

Saya baru tahu kalau hari ini (23 April) adalah hari buku sedunia, tadi juga taunya dapat denger dari Staney dan Pandji di GMHR J

Menarik juga topik yang tadi ditrigger oleh mereka berdua yaitu mengingat-ingat buku-buku (termasuk komik) apa aja yang pernah kita baca di masa lalu terutama masa-masa kanak2 dan remaja J

 

Saya jadi pengen nostalgia juga menuliskan apa-apa yang pernah saya baca di masa muda dulu. Saya mulai bisa membaca pas kelas 1 SD, jadi itu kira-kira ditahun 1982. Saya masih ingat dengan jelas betapa luar biasanya perasaan saya kala itu, ketika saya tahu saya sudah bisa membaca…Rasanya hebat banget, rasanya sederajat dengan orang dewasa..saya membaca apa saja, mulai potongan koran, tulisan corat-coret di dinding orang, majalah, buku-buku kuno kakek saya, tulisan di kaleng minuman dan sebagainya…..Sejak itu saya tidak pernah berhenti membaca dan saya yakin selain bernafas, membaca adalah salah satu yang pasti saya lakukan setiap hari. Bahkan mengalahkan mandi dan makan ..hehe…

 

Berikut saya coba list bahan bacaan apa saja yang pernah saya baca dari tahun itu sampai tamat SMA …minimal sebagai rekam jejak buat anak cucu saya, soalnya beberapa bacaan berikut kayaknya sudah tidak terbit lagi di pasaran …  

         BOBO (majalah kanak-kanak paling poluler di masanya, zaman ini sih masih ada tapi kayaknya udah engga setenar dulu..)

         DONAL BEBEK (masih jaya sampai sekarang, malah saya masih suka mengoleksi edisi nostalgianya…hehe)

         Si KUNCUNG (gak tahu apa masih ada ya…)

         LIMA SEKAWAN (rasanya dulu asyik banget bacanya ..alur ceritanya sederhana, saya paling suka sama si George yang nama aslinya Georgina plus anjingnya Timmy)

         TRIO DETEKTIF (ini lebih serius dikit ceritanya dari Lima Sekawan, Jupiter top abizzzz, selalu sukses mecahkan misteri…)

         ARAD dan MAYA (dari sini saya tahu apa itu teleport…)

         PETUALANGAN TINTIN (komik bagus dengan cerita bagus…)

         SMURF

         TRIGAN

         STORM

         Si TOMBAL (komik tentang penggali kubur yang lucu banget, zaman sekarang kelihatannya sudah punah)

         LUCKY LUCK (si jagoan Wild West yang lebih cepat menembak daripada bayangannya…)

         Serial NINA

         JOHAN dan PIRLOUIN

          KLUB DETEKTIF (kalo gak salah ini judulnya, tentang si Fatty yang jago nyamar , jago ventrilokuis alias ilmu memindahkan suara dan jago memecahkan misteri)

         MIMIN (naaah, ini dia komik hitam putih paling lucu, tentang anak negro bernama MIMIN yang tinggal di Brazil…)

         ASTERIX (paling suka sama si OBELIX, sakti banget dia karena dulu pernah terjatuh di dalam ramuan ajaibnya Panoramix..hehe)

         PETRUK GARENG (komik asli Indonesia, hitam putih dengan cerita-cerita lucu yang kadang absurd banget, tapi bisa bikin ketawa ketiwi…selalu muncul dengan berbagai jenis mahluk halus yang dilukiskan secara kocak…Kata kunci yang selalu teringat : Desa Tumaritis, tempat tinggalnya Petruk Gareng..hehe)

         Komik-komik wayangnya RA KOSASIH, yang sempat saya baca adalah Ramayana dan Arjuna Wiwaha…wuihh, banyak imaginasi kanak-kanak saya terbentuk dari cerita-cerita di perwayangan ini .

         AGATHA CHRISTIE (bacaan serius sejak zaman SMA…)

         NICK CARTER series (ini dia nih, detektif ala James Bond dengan kisah-kisah percintaan yang banyak unsur saru-nya..hehe)

         ENNY ARROW series (kayaknya 90% remaja pria pasti pernah baca .. hehe…buku yang selalu coba disembunyikan dari ortu tetapi pernah juga ketahuan..buku yang pertama kali membuka wawasan anak SMP seperti saya masa itu tentang hubungan badan pria dan wanita..gemetar lho waktu pertama kali baca ini di sekolah, di letakkan di pangkuan sambil curi-curi antara dengar guru dan baca..hehe)

         Cerita silat KHO PING HOO, mulai dari Bu Kek Siansu, Istana Pulau Es, Kisah Para Pendekar Pulau Es, Mutiara Hitam, Pendekar Super Sakti, Pendekar Sakti, Kisah Pendekar Lembah Naga, Si Kumbang Penghisap Kembang, dan banyak lagi kisah-kisah silat yang membuat aku lupa makan. Mulai kenal KHO PING HOO sejak kelas 6 SD , kisah pertama yang aku baca dengan curi-curi karena belum diperbolehkan Bapak adalah ’PEDANG KEMALA HIJAU’, dengan tokoh paling aku suka adalah Siaw Bin Hud (Buddha Muka Tertawa)..hehe. Kalo gak salah jagoannya adalah Lim Yauw Kong dan nanti bakal istrinya adalah Siauw Hong.. (udah lupa-lupa ingat, sudah 22 tahun lalu soalnya..hehe).

         TO LIONG TO, kisah silat juga karya Chin Yung dengan tokoh utamanya adalah Thio Bu Kie…Ini baru di awal masa kuliah benar-benar dapat kesempatan baca full seriesnya. Waktu SMA pernah minjam seri-seri awal, sayangnya engga lengkap..

 

Yang keinget cuma itu…Anda mau menambahkan ? Monggo….

Iklan

2 responses to “HARI BUKU SEDUNIA..

  1. Hi Baja…
    Pakabar? Nice blog and mo comments soal buku..
    Ampir sama yang saya baca juga…
    Ada beberapa yang saya baca lagi.. karya S Mara GD, Sydney Sheldon, John Grischam

  2. Halo Dodi,
    Ini Dodi temen waktu di CW dulu bukan ?
    Anyway, kabar baik di sini.
    Nah, kalo buku yang kamu sebut itu baru saya baca pas udah tamat SMA Dod, makanya belum saya masukin di list di atas..

    BTW, kalau pengamatan saya, kelihatannya kualitas buku Sydney Sheldon makin menurun ya ke buku-bukunya yang terakhir? What do you think?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s