AKU ORANG INDONESIA !!

merah-putihDari seluruh karyawan Colt WorleyParsons Edmonton, Canada yang jumlahnya sekarang kira-kira 2000an orang, hanya ada 2 (dua) orang karyawan berkebangsaan Indonesia. Saya dan seorang teman saya, Pak Sugeng Pariono, seorang Process Engineer.

 

Dibandingkan karyawan expat lainnya terutama yang berkebangsaan India, Philippine, China, dan Iran, maka jumlah dua orang Indonesia ini sungguh amat tidak significant. Karyawan berkebangsaan Rusia, Venezuela dan lain-lainnya malah masih jauh lebih banyak daripada bangsa Indonesia.

 

Tetapi meski cuma berdua, saya dan Pak Sugeng rasanya tidak malu-maluin bangsa Indonesia kalo misalnya dengan bekerja di sini kita dianggap sebagai ‘wakil bangsa’. Pak Sugeng sepengetahuan saya termasuk Process Engineer yang amat dibutuhkan di departemennya, selain itu beliau juga sudah jadi karyawan permanent di sini. Beliau selalu involve di berbagai project sebagai process engineer.

 

Saya sendiri juga rasanya tidak malu-maluin bangsa Indonesia di negeri orang ini. Sekitar dua bulan lalu, Boss saya malah secara personal menyampaikan bahwa saya direcognize sebagai satu dari dua best recruit tahun ini (yang satu lagi dari Venezuela). Profil saya plus testimonial Regional Manager tentang saya juga dipajang di Quality web – Global WorleyParsons sebagai ‘Quality Champion’ berkat kontribusi saya sejak mendarat di Colt WorleyParsons Canada. 

 

Saya juga sekarang dipercaya memberikan orientasi kepada karyawan baru dan pelatihan internal kepada karyawan-karyawan lainnya. Terus terang sebagai orang INDONESIA yang lahir nun jauh di Pematang Siantar sana dan murni 100% hasil pendidikan INDONESIA mulai TK sampai lulus kuliah, ada kebanggaan tersendiri bahwa saya dipercaya berbicara dan memberikan pelatihan kepada orang-orang dari berbagai bangsa, baik itu Kanada, Inggris, US, India, Philippine, Belanda, Rusia, Rumania dan sebagainya. Kebanyakan mereka juga bukan orang-orang yang baru kenal dunia kerja, tapi orang-orang yang sangat qualified ditambah pengalaman kerja puluhan tahun.

 

Meski kadang ada rasa jengkel dengan fakta bahwa banyak orang di Colt Worley Parsons Edmonton yang tidak tahu di mana Indonesia (sampai pernah dalam suatu meeting saya harus buka Google Map untuk nunjukin di mana Indonesia !), keberadaan saya di sini plus achievement yang saya capai sejauh ini, membuat saya semakin bangga sebagai bangsa INDONESIA. Ketidaktahuan mereka tentang INDONESIA malah membuat saya semakin tertantang untuk berprestasi sehingga saat mereka recognize prestasi saya dan bertanya saya dari mana, saya punya kesempatan paling bagus untuk bilang : AKU ORANG INDONESIA!!

 

Saya memang harus sering-sering bilang : AKU ORANG INDONESIA karena tebakan pertama orang-orang di Kanada tentang kebangsaan saya adalah Philippine. Selain karena mereka tidak tahu INDONESIA, plus faktor fisik saya yang gak beda dengan teman-teman Pinoy ditambah fakta bahwa orang Phillippine sangat banyak di perusahaan ini, mereka juga tidak menyangka ada orang INDONESIA nyampe ke perusahaan ini dan bisa berkomunikasi dengan mereka dalam bahasa mereka dan tidak kalah lancar dengan orang Philippine. Seringkali mereka malah lebih ‘ngeh’ dengan ‘Tsunami’, ‘Bali’, dan ‘Bali Bombing’, daripada INDONESIA.

 

Jadi langsung maupun tidak langsung, keberadaan saya dan Pak Sugeng di sini sebenarnya ada sedikit kontribusinya juga untuk membuat orang lebih mengenal INDONESIA, membuat mereka tahu bahwa INDONESIA tidak semata soal ‘Tsunami’ atau ‘Bali Bombing’. Membuat mereka tahu bahwa kalo diberi kesempatan, orang-orang INDONESIA pun tidak kalah kualitas dan kompetensinya dengan orang-orang dari negara lain.

 

Kelemahan kita memang di penguasaan Bahasa Internasional alias Bahasa Inggris. Kalau mayoritas orang INDONESIA terutama yang siap bekerja mampu ‘cas cis cus’ dalam Bahasa Inggris selancar orang Philippine, India atau negara2 Asia lainnya, saya yakin komposisi TKI di luar negeri lama-lama akan lebih banyak daripada mereka-mereka.

 

Dari  cerita-cerita teman-teman saya yang bekerja di Middle East, Asia dan Eropa, banyak perusahaan yang bilang bahwa mereka lebih suka dengan pekerja asal INDONESIA. Kesan yang umum tentang pekerja dari INDONESIA adalah rata-rata merupakan pekerja keras, gampang beradaptasi, tekun, gak neko-neko dan punya kompetensi.

 

Pesan saya kepada teman-teman sebangsa di INDONESIA sederhana saja. Jangan pernah merasa minder sebagai orang INDONESIA. Meskipun banyak hal-hal yang jelek yang terjadi di negara kita, tapi jangan sampai membuat kita merasa minder sebagai orang INDONESIA. Percayalah bahwa jika diberi kesempatan, kita bangsa INDONESIA tidak kalah dengan bangsa manapun di dunia ini dan akan mampu berkontribusi sebesar kontribusi yang diberikan bangsa-bangsa lain. Yang penting, usahakan menguasai bahasa internasional alias Bahasa Inggris karena dengan itulah maka kesempatan semakin lebar terbuka untuk bekerja di negara lain.

 

Jika biasanya di INDONESIA para expat dianggap ‘dewa’ dan ‘paling hebat’, sebaiknya pelan-pelan ubah paradigma itu karena pada hakekatnya mereka tidak beda dengan kita. Ahli bangsa Indonesia dengan level pendidikan dan pengalaman yang sama kemungkinan besar akan punya kemampuan yang sama atau bahkan lebih. Kecuali para ahli expat yang kompetensinya memang belum dimiliki orang-orang Indonesia, kebanyakan dari para expat itu sebenarnya cuma unggul di kemampuan cas cis cus dalam Bahasa Internasional dan pengalaman kerja mereka di negara lain.

 

Sebagai penutup, jangan pernah minder dengan bangsa lain dan mari dengan bangga kita perkenalkan diri kepada bangsa lain dengan berkata lantang : AKU ORANG INDONESIA !! 

Iklan

45 responses to “AKU ORANG INDONESIA !!

  1. AKU JUGA ORANG INDONESIA !
    Eh, maaf Bang sudah nyelonong aja.
    Salam kenal ya Bang, saya Siska. Saya suka sekali dengan postingan Bang Baja. Menginspirasi.
    Selamat ya sudah jadi best recruit person of the year. Btw, ada url untuk profil dan testimoni regional managernya gak?
    Turut bangga sebagai anak bangsa (suatu saat aku juga harus bisa membanggakan Indonesia)

    Terima kasih Bang.
    Kapan-kapan saya mampir lagi

  2. Halo Siska,
    Makasih udah mampir ya…
    URL-nya sih ada, tapi berhubung ini secure site, saya gak yakin orang lain selain karyawan WP bisa masuk. Udah gitu panjang banget, see below :
    https://quality.worleyparsons.com/Lists/Announcements/DispForm.aspx?ID=252&Source=https%3A%2F%2Fquality%2Eworleyparsons%2Ecom%2FLists%2FAnnouncements%2FCorporate%2520QM%2520Announcements%2Easpx

    Nanti kalau penasaran saya print-screen dan kirim ke email Siska deh 🙂 Minta emailnya ya kalo gitu…

    Sering2 mampir ya…

    Salam,

  3. aku jua Indonesia 😀

  4. Ini email saya : sista_priani@yahoo.com. Beneran dikirim ya Bang. Makasih sebelumnya.
    Eh, sebenarnya saya dah sering mampir. Tapi sekarang dah gak mampir lagi, dah jd tujuan utama 🙂

    Maksih banyak buat banyak inspirasinya

  5. Halo Mbak Siska, sudah saya kirim lho ke alamat email di atas, mudah-mudahan bener alamatnya soalnya pake Sista bukan Siska.. :p

    Anyway, saya gak nyangka kalo ada pengunjung tetap di blog ini..hehe…Makasih sudah jadi yang pertama, minimal yang pertama berani deklarasikan begitu 🙂 Saya jadi tambah semangat menulis nih… 🙂

    Salam,

  6. hay win … wah sudah di negeri orang rupanya.
    Gak ngururusi 8d report macem di AIT dulu …he..he… he

    ridzal – ex spv matrix assy

  7. Halo Mas Ridzal…saya lupa-lupa ingat tampangnya , tapi soal 8D pasti gak pernah lupa..hehe… Apa masih pake 8D sesudah jadi UNISEM ya ?

    Mas Ridzal gawe dimana sekarang ?
    Salam buat keluarga ya…

  8. AKU ORANG INDONESIA! 🙂
    Tulisan bagus…. Setidaknya mengingatkan saya untuk terus berprestasi di luar tanah air tercinta demi nama baik bangsa tercinta juga 🙂

    Salam,
    Dafferianto

  9. kereeeen bo’…
    kalau ada lowongan sysadmin IT bilang2 yaa… he he he… salam kenal mas
    budhi, bio ’99

  10. Wah,..wah,…
    ga nyangka kalo Bang Erwin sekarang karirnya dah melesat. Kalo tetep bertahan di AIT (sekarang Unisem )ngga jaminan bisa seperti sekarang.Saluuut banget!!!
    Masih inget sama bang Barmen kan,… ato mbak Susiana? Kalo mbak Susi sekarang katanya dah jadi QA Dept Manager .Kayaknya bang Erwin dah tau nih.

    Saya Widya-FA Group (QA Dept) anak buah mbak Tanti FA
    Mei lalu dah cabut dari Unisem sekarang lagi mencoba berwira swasta.
    Ga sengaja mampir,eh jadi penasaran baca-baca semua postingannya

    Moga makin sukses….

  11. @ Widya,
    Wah, hebat kamu ya Widya, engga semua orang punya keberanian untuk jadi wiraswasta. Semoga usahamu bisa membantu membuka lapangan kerja buat rekan-rekan sebangsa ya…

    Iya, aku masih update kok dengan kabar2 di UNISEM. Adikku yang laki2 soalnya sesudah lulus S1 langsung kerja di UNISEM juga sampai sekarang.. 🙂

    Salam ya buat keluarga dan kabar2in terus perkembangan usahanya. Sukses selalu 🙂

  12. @ Calakan,
    Salam kenal juga Mas Budhi… Nanti kalau ada info lowongan yang sesuai, bolehlah saya kabari 🙂

  13. Horas Itok,

    Bravo, Excellent Job.
    Kiranya itok semakin menjadi Garam & Terang di tempat itok sekarang. Salam untuk keluarga.

    Praise to The Lord 🙂

    Regards & Blessing,
    Nita

  14. Horas Ito Nita…
    Mauliate atas kunjungannya dan terutama atas doanya.
    Semoga Ito juga menjadi garam dan terang, terutama dalam kapasitas wakil rakyat ataupun dalam fungsi-fungsi lainnya 🙂

  15. Halo, saya orang Kanada, tapi suami saya dari Medan,Indonesia. Kami tinggal di Edmonton, Kanada dan mencari teman teman dari Indonesia. Kami sudah tinggal di Edmonton satu tahun, tapi belum ada jumpa teman dari Indonesia…ada orang Indonesia tinggal di Edmonton??? Di mana semua kempul?

    • Halo Mbak Caressa, Mbak Maria, Pak Baja beserta teman-teman lain yang ada di Kanada, mohon saran dan informasinya mengenai tinggal di Kanada. Saya sudah coba buka settlement.org, tapi rasanya belum pas/yakin kalau belum komunikasi dengan orang Indonesia yang tinggal disana. Saya sekeluarga mendapatkan PR Kanada dan berencana pindah bulan Juli 2013, masih belum memutuskan tinggal dimana (kemungkinan ke Mississauga), saya masih bingung, terutama untuk sekolah anak saya (Juni’13 lulus SMP) dan tempat tinggal. Terima kasih sebelumnya.

  16. Hi,

    Saya Maria, masih di Jakarta dan suami orang batak Marga Sinaga. Kami sekeluarga berencana untuk immigrasi ke Kanada Bulan Juni 2010. Sedang mempertimbangkan untuk landing dan settle di Edmonton. Mohon masukannya mengenai kehidupan dan kesempatan kerja di bidang kontruksi bangunan di Edmonton.

  17. respon saya pertama Pak.

    Ketika banyak anak bangsa kehilangan jati dirinya, mempertanyakan keindonesiaannya, menyembunyikannya, menanggalkannya, bahkan membencinya mengapa dia terlahir sebagai orang Indonesia….., lalu berupaya menggunakan atribut-atribut bangsa lain untuk diakui bahwa dia adalah mereka.

    Ada dibelahan bumi yang lain anak manusia yang dengan bangganya mengatakan mengumumkan mendeklarasikan Aku orang Indonesia. Apakah ada masalah dengan itu?!

    Mungkin ada banyak lagi anak2 bangsa Indonesia yg lain seperti Anda Pak Erwin yang membanggakan kita dengan prestasi-prestasi meskipun sedikit sekali penghargaan yang mereka dapatkan dari pemerintah negerinya.

    Tapi mereka tetap mengatakan:

    “AKU ORANG INDONESIA!”
    “AKU INI ORANG INDONESIA!”

    Semoga saya bisa menjadi bagian dari orang-orang semacam ini.

    Salam kenal Pak,
    rahmatfirmansyah.

  18. Bang minta alamat email mu bang,
    GBU

  19. Bang aku sudah dapat panggilan kerja disana jadi prelu info,
    Kalau bisa nama face booknya apa bang.

  20. Erwin Simanjuntak

    @ Rahmatfirmansyah,
    Thanks atas komen2 dan perhatiannya ya Rahmat. Saya doakan cepat2 nyusul ke sini supaya nambah teman di Kanada ini..:-)

    @ Fredo,
    Link ke FBku khan sudah dikasih di blog ini Fredo..kok nanya lagi ? Emailku :erwinbaja@yahoo.com. Thanks

  21. Saya suka blog anda, boleh gak kasih tips atau pendapat untuk anak saya yang mau kuliah di U of Alberta, chemical science.

  22. @ Bu Lili,
    Terus terang saya belum banyak tahu soal U of A, Bu..tetapi kalau engga salah, termasuk salah satu yang terbaik di Kanada. Saya yakin anak Ibu sudah buka2 website UofA. Kalau misalnya ada informasi spesifik yang dibutuhkan, mungkin saya bisa bantu.

    • Pak Erwin Baja, makasih ya atas jawabannya, kalau dari jakarta ke edmonton baiknya naik pesawat apa ya? harga sekitar berapa? dan kalau transit di vancouver ke edmonton perlu brp jam untuk supaya tidak terlalu terburu-buru, apakah 2 jam cukup?

  23. halo bang,, ane dari indonesia, nama saya hadi,, saya mau ke canada, klo ktemu abang dmana yaa,,,,

  24. Tulisannya Menginspirasi Banget Pak :))
    Terharu dan Termotivasi Baca Ceritanya Pak.
    Salam kenal Pak Erwin suskes selalu Dari Tenaga Kerja Indonesia Yang lagi Berjuang Juga di Negeri Orang Juga Pak.
    Saya Di Korea selatan Pak :))
    Minta Acount Twitternya Dong Pak.
    Saya Niat Kerja ke Kanada Juga Pak
    Mohon Pencerahanya Pak Erwin ya.
    Terima kasih Sebelomnya Pak

  25. saya mau bekerja di Kanada ..ada yang punya info .. tolong hubungi saya di tangdika@yahoo.com dan no telfon 021-8198766 .Trims.

  26. salam kenal bang…
    lo mau kerja di kanada..
    Ada lowongan g bang skrng…kerja apa aja deh..asal jgn pembantu rmh tgga…
    Sy S1 kesmas…dulu pernah jd welder..kerjaan terakhir verifikasi klaim pembiayaan rumah sakit…bhs inggrisx bisa..tp sedikit2..(pasif)

  27. Halo Pak Baja, Mbak Caressa, Mbak Maria beserta teman-teman lain yang ada di Kanada, saya sekeluarga mendapatkan PR Kanada dan berencana pindah bulan Juli 2013, masih belum memutuskan tinggal dimana (kemungkinan ke Mississauga), saya masih bingung, terutama untuk sekolah anak dan tempat tinggal (anak saya lulus Juni ini).
    Mohon info mungkin ada teman atau saudara yang bisa mengurus landing service/ settlement service. Saya sudah coba buka settlement.org, tapi rasanya belum pas/yakin kalau belum komunikasi dengan orang Indonesia yang tinggal disana. Terima kasih sebelumnya.

  28. salam Kenal semua pembaca blog ini khususnya buat Pak Erwin Saya adam dari Madiun East Java
    kalo ada lowongan di kanada untuk anak asli indonesia raya
    boleh minta tolong di info kan ke 081946205607.
    atw boleh lah ke FB/emali : adham_arofat@yahoo.com
    terimaksih bantuannya

  29. Horas Abang, Saya Andri – Sp. Koperasi Siantar, Kalau ada lowongan kabarin kita bang, saya pengen kerja dicanada, kerja apa pun jadi,

  30. abang, saya budi salim, katanya di venezuela orang berbahasa spanyol ya? kalau mau belajar bahasa venezuela dimana yang terbaik di internet?
    kalau boleh saya mau kontak2an dengan abang via email? email saya budicitrus@gmail.com
    terima kasih ya

  31. Hiiiii……bang erwin slm knl ya , sy asli indonesia bang… .asli banget…..hehehehe perkenalkan bang nm sy triyono adjie, sy seorg welder departmen serviice alat2 brt di pretmbgn bang, sy pengn bgt kerja ke canada esxpat ky bang erwin tp gmn cr nya bang…..kt org2 bule itu prcya dgn rekomendasi tmn drpd melamar sdri, sdg sy gk pya tmn yg di canada bank, tlg bang erwin ksh info dan masukan utk bs mnembus ke sna bang….sy dr dlu pgen bs krja ksna…..mksh bang sblmnya aku tggu infoya…. dan slm knl bang ni email sy…triyono53@yahoo.co.id dan no tlp 081318860557 mksh bang…… sukses sll dan salut utk org indonesia…..

  32. hallo bang erwin salam kenal, saya leni aku orang indonesia he he, saya ingi tau banyak mengenai kehidupan di sana kalobisa saya dapet kontak bang erwin boleh?

    thanks

  33. SARLI MAROLOP SIMAMORA

    Horas, Lae,,,,pas lagi tidak ada job, klick internet eh..ketemu blognya lae ini, Sukses ya lae dan moga keluarga sehat sehat disana.

    Salam
    Sarli simamaora ex Worleypars Indonesia

  34. horas, boleh minta tolong untuk kerja di canada yyyaa pingin banget kerja di sana hub 62 81235343847

  35. Salam kenal ya….tulisan nya sangat bagus…inspirational….sebagai orang Indonesia bisa berbangga di negeri orang dihargai…Saya juga akan segera ke Canada tahun depan setelah dapat PR..semoga bisa saling tukar info deh…thanks…

  36. maaf bang saya ikut nimbrung..betul sekali pendapat bang baja… suatu saat juga saya ingin kerja ke luarnegri lagi terutama canda, thk ceritanya

  37. bagaimanakah caranya bisa tinggal di kanada

  38. tolong info bagaimana bisa jadi pengusaha di kanada ?

  39. Sonny M.Simorangkir

    Horas Lae…slm kenal..salut buat Lae yang dapat eksis di Negara Lain dalam berkarya…saya M.Simorangkir asli dari Tapanuli, tapi sdh 30 Thn tinggal di Jawa tengah
    , kebetulan kita lagi cari rekan bisnis di Kanada, ada produk kerajinan yang sdh rutin kita Export ke Negara2 di Eropa ( terutama ke Kanada ), terus terang selama ini kami export via Exportir yang ada di Indonesia dan menurut kami, Exportir tersebut terlalu murah menghargai produk kerajinan kita, maka dgn alasan tersebut, saya bersama teman2 berusaha untuk memasarkan langsung Produk tersebut ke negara2 User, dengan harapan akan mendapatkn harga yang lebih ekonomis, sesuai hal tersebut saya menawarkan pada Lae, kemungkinan kerjasama pemasaran langsung Produk tersebut di Kanada ataupun di negara2 eropa lainnya atau Jika Lae kurang tertarik dengan bisnis, kami harap Lae dapat juga membantu kami untuk mencarikan distributor alat Kerajinan tersebut disana….untuk data detail produk tersebut akan saya kirimkan by email ke alamat Email Lae, apabila Lae berkenaan membantu pemasaran ini, mohon diberikan Kontak Person Lae ya…adapun Alamat saya ada di Perum. Gumilir Indah Blok 14 No 78 – Cilacap.. (Mobile :0811 262 057). Terima kasih Lae sebelumnya n GBU.

  40. Pak Tangdika, saya mau kerja di kanada, kalau ada lowongan di kanada tolong info ke : mgn_jusuf@yahoo.com. phone : 081286761734

  41. Met tahun baru baru saya evi mau kerjja kekanada tahun saya saya msh di ttaiwan1ahun lagi saya bisa kerjja kerjja Merawat orangtua tolong minta banruanya bang makasih semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua iini avira9337@gmzil.comt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s