Kartu Natal Masih Laris di Edmonton..

kartunatal

Ada satu tradisi menjelang hari Natal yang sekarang sudah mulai ditinggalkan orang-orang di Indonesia, termasuk saya sendiri waktu terakhir merayakan Natal di Indonesia.

Tradisi yang saya maksudkan adalah mengirimkan atau memberikan kartu ucapan selamat Natal kepada saudara, teman , relasi dan orang-orang yang kita kenal.

Saya masih ingat zaman saya kecil dulu sampai saya kuliah, tradisi mengirimkan kartu Natal masih jamak dilakukan. Waktu saya sudah kuliah di Bandung pun, setiap menjelang hari Natal saya selalu sibuk membeli banyak kartu Natal, menuliskan lalu mengirimkannya via kantor pos ke orangtua, paman, tante, teman dan banyak lagi.

Tetapi sejak hand-phone dan internet (terutama email) menjadi sesuatu yang trend di masyarakat, budaya mengirimkan kartu Natal pelan-pelan ditinggalkan dan digantikan oleh SMS maupun email.  Beberapa tahun belakangan ini, saya nyaris tidak pernah lagi menerima kartu Natal. Semuanya digantikan oleh aneka jenis SMS Natal maupun email-email Natal lengkap dengan segala jenis animasinya.

Makanya saya jadi kaget sendiri saat beberapa hari menjelang Natal pertama saya di Edmonton, saya mulai menerima kartu-kartu Natal dari teman-teman sekantor, bahkan dari wanita tua mantan tetangga saya waktu masih tinggal di Surrey Gardens beberapa bulan lalu.

Ternyata budaya mengirimkan kartu Natal ditambah dengan ucapan selamat Natal menggunakan tulisan tangan masih ‘hidup’ di Edmonton. Saya yang karena terpengaruh kebiasaan waktu masih di Indonesia tadinya sudah siap-siap dengan berbagai aneka SMS dan format email Natal menjadi malu sendiri. Waktu saya tanya kenapa masih rajin mengirimkan kartu Natal, tidak pake SMS saja, seorang teman orang India yang memberikan kartu Natal ke saya (meskipun dia tidak merayakan Natal)  menjawab bahwa kartu Natal memberikan sentuhan personal, spesial dan akan lebih diingat daripada SMS ataupun email.

Saya kira teman saya itu benar. Karenanya Natal tahun depan saya bertekad akan menghidupkan lagi kebiasaan lama itu, memberikan kartu Natal kepada saudara, teman-teman dan orang-orang terdekat di hati.

Selamat Hari Natal 25 Desember 2008 dan Tahun Baru 2009 buat Anda semua yang mengunjungi blog ini…Semoga Natal membawa damai sukacita buat kita semua, sekaligus membawa harapan baru untuk menghadapi berbagai ketidakpastian dan apapun sumber kekhawatiran di Tahun Baru menjelang.  

Mohon maaf kalau kartu Natal belum ada tahun ini… 🙂

Iklan

2 responses to “Kartu Natal Masih Laris di Edmonton..

  1. emang mas ini tinggal di mana?? kayaknya di Indonesia gak ada kota namanya Edmonton…

  2. Hi Diaz,
    Aku saat ini tinggal di Kanada.Edmonton itu ibu kota salah satu propinsi di Kanada,namanya Alberta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s